Rabu, 07 Januari 2015

Materi Kepecintaalaman PENDASPALA XX




KEPECINTAALAMAN



A.    Sekilas Sejarah Pecinta Alam
Tepat pada tahun 2014 ini pecinta alam berumur ±54 sejak Pecinta alam mulai muncul sekitar tahun 60 an yang diprakarsai oleh Soe Hok Gie,  Herman O Lantang, Asminur Sofyanudin dan beberapa kawan lainya, mereka membentuk komunitas itu dikarenakan pada masa itu mulai ada perbedaan pendapat dikalangan para mahasiswa yang disebabkan kepentingan politik oleh dua pihak yang mendukung gerakan soekarno (revolusioner) dan kontra-revolusioner (Reaksioner), selain pecinta alam ada pula komunitas lain yang bersifat netral yaitu Perkumpulan Mahasiswa (PM) bandung, Ikatan Mahasiswa Djakarta (IMADA) dan lainya, pada masa itu mahasiswa FSUI mengisi kegiatan indoor dengan berdiskusi dan kegiatan outdoornya adalah mendatangi desa-desa pelosok, mendaki gunung yang dijadikan sebagai tempat mencari keheningan yang terbebas dari kepentingan politik, sekian tahun berjalan ahirnya terbentuk yaitu Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Prajnaparamita (Lambang jatidiri FSUI ) dan baru pada tahun 1971 Mapala UI resmi menjadi salah satu kegiatan kemahasiswaan .

B.     Pendapat Masyarakat
Banyak masyarakat menyatakan bahwa pecinta alam adalah orang yang kumuh, jarang mandi, gondrong, celana sobek dan terkesan semrawut dan negatif, yang aktifitasnya hanya naik gunung, panjat tebing susur gua, dan sejenisnya, lanytas bagaimanakah menurut anda ? apakah pecinta alam hanya mempunyai kegitan diatas?
pecinta alam juga mempunyai dan banyak sekali kegiatan positifnya seperti seminar lingungan, aksi bersih sungai, cabut paku, bhakti sosial, pengabdian masyarakat, peringatan hari lingungan, hari bumi dan masih banyak lagi dan aktifitas pecinta alam bukanlah sesempit pandangan masyarakat sepeti diatas pada umumnya karena pecinta alam mempunyai komitmen yang jelas untuk melestarikan alam ini.

C.    Kepecintaalaman
Sebelum kita jauh mendiskusikan lebih jauh mengenai arti kepecintaalaman marilah kita samakan persepsi tentang pecinta alam, bagaimanakah pengertian tentang pecinta alam dan Pencinta Alam.
pecinta alam merupakan kata yang berawal dari kata “cinta” kata cinta sendiri mempunyai makna yang luas, jika seorang remaja mengartikan cinta adalah “aku dan kamu” maka beda lagi dengan orang yang telah mempunyai kategori dewasa, mereka mampu mendefinisikan kata cinta sebagai rasa, untuk menjaga, memiliki, melindungi, tergantung obyek dari kata cinta itu sendiri. untuk pembahasan kata cinta tidak akan lebih jauh, kemudian pecinta adalah sebagai pelaku karena mendapat imbuhan –Pe dengan kata lain pecinta alam adalah orang yang mencintai alam, menjaga alam, melindungi alam karena rasa memiliki terhadap alam.
Selanjutnya Pencinta, menurut KBBI Pencinta adalah pelaku cinta (sifat), contoh lain jahat (Sifat) dari kata jahat ditambah imbuhan Pen- jahat maka menjadi pelaku kejahatan, maka kata cinta yang mendapat imbuhan Pen- menjadi pencinta akan mempunyai arti seorang pelaku cinta (tergantung obyeknya) dari keterangan ini jka kita menggunakan obyek alam, maka arti Pencinta alam merupakan orang yang cinta akan alam, suka, rasa memiliki, menjaga terhadap alam.
Sedangkan ke-pecinta alam-an merupakan sebuah pegangan hidup, jalan Hidup “The Way Of Life” dimana kita sebagai seorang pecinta alam harus selalu berjalan pada pegangan hidup tersebut sesuai dengan kode etik dan prinsip-prinsip pecinta alam, sementara kegiatan dialam terbuka adalah satu dari sekian banyak bentuk ekspresi dirinya dalam mengapresiasi alam dan kehidupan ini.
Sementara arti cinta itu bisa dibedakan dalam tiga hal :
1.      Passion yaitu adanya ketertarikan secara indrawi
2.      Intimate yaitu adanya hubungan yang membentuk rasa saling percaya dan rasa akrab.
3.      Commitment yaitu adanya kesediaan untuk berkorban secara sadar atas interaksi yang terjadi.
Sebagian orang mengatakan bahwa pecinta alam adalah seorang penikmat alam, peneliti lingkungan, atau petualang tetapi mereka hanya mempunyai arti cinta antara Passion dan Intimmate dan seorang pecinta alam sebenarnya akan mempunyai Passion, intimate dan commitment nah inilah Hal yang kemudian membedakan antara penikmat, penyelidik dan petuaalang dengan pecinta alam adalah komitmen, komitmen untuk menjaga secara sadar akan alam ini , yang ditanamkan kuat sejak pendidikan dasar, pengembaraan dan pergaulan dengan alam itu sendiri, pecinta alam seharusnya sadar untuk tidak menutup diri dari perubahan dan perkembangan zaman yang terjadi karena tanpa hal itu makna pecinta alam sendiri akan semakin luntur. Dan itulah tugas yang selanjutnya bagaimana kita berbenah diri sebagai pecinta alam agar makna pecinta alam bisa kembali sesuai dengan kode etik pecinta alam .
Dan yang perlu diingat kita adalah pecinta alam bukan petualang, dan penikmat alam. Karena mereka hanya bagaikan kumbang yang menghisap madu dalam bunga dan bunga apabila madu telah habis maka kumbangpun pergi mencari bunga lain, dan begitu seterusnya.

D.    Peran Pecinta Alam Dalam Melestarikan Lingkungan
Peran pecinta alam dalam upaya melestarikan lingkungan mempunyai tiga beban dan tanggung jawab moral dalam dirinya, dalam suatu wadah organisai mempunyai implikasi tindakan yang berbeda-bada apabila diterjemahkan kedalam strategi dan program organisasi.
1)   Sebagai Organisasi Pecinta Alam.
Misalnya sebuah Organisasi Pecinta Alam yang ingin anggotanya berperan menjadi actor, maka organisasi tersebut harus memfasilitasi anggotanya sehingga dapat menghasilkan gagasan-gagasan alternative dan ikut serta membentu menyelesaikan masalah- masalah yang ada di masyarakat 
2)   Sebagai Organisasi Penayalur Bakat, Minat dan Hobi
Sebagai organisasi bakat minat jika merupakan pilihan mungkin tidak masalah, karena Pecinta Alam dituntut professional dalam mengembangkan skill dan minatnya dalam kepetualangan di alam bebas. Misalnya Caving, RC, GH, Rafting, dll.

3)   Sebagai Bagian Dari Gerakan Yang Bergerak Dibidang Lingkungan
Sebagai gerakan lingkungan dibagi menjadi tiga komponen :
a.       Publik Environmentalist adalah pada warga khalayak ramai yang berusaha memperbaiki kondisi lingkungan sekitarnya langsung lewat tindakan dan sikap mereka masing-masing
b.      Organized Anviromentalist adalah mereka yang bergerak melalui organisasi-organisasiyang didirikan untuk berusaha memperbaiki lingkungan.
c.       Enviromental Movement Organisation yaitu mereka yang bergerak melalui birokrasi-birokrasi resmi yang mengklaim diri mempunyai kewenangan diri terhadap masalah-masalah lingkungan.

E.     Penutup
Dalam kepencintaalaman banyak sekali hal-hal yang terkandung didalamnya seperti kegiatan petualangnya, kegiatan, wisata alamnya, kegiatan advokasi lingkungan, pecinta alam tidak akan pernah lepas dari hal itu, karena itu merupakan satu kesatuan dari pecinta alam, seorang yang mengaku sebagai pecintaalam tidak boleh memiih salah satunya karena pecinta alam memerlukan semuanya, walaupun alam bisa mengatur kehidupannya sendiri tetapi alam juga memerlukan sentuhan tangan manusia, dan manusiapun butuh alam untuk hidupnya.

“Alam bukanlah warisan nenek moyang tetapi titipan anak cucu, dan alam bukanlah tantangan dan bukanlah musuh yang harus ditaklukan”

Salam lestari..!!
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar