Rabu, 02 Mei 2018

BOULDERING, Olah Raga Simpel Penuh Tantangan

Ale.... Ale....!!!
http://www.blackdiamondequipment.com/on/demandware.static/-/Library-Sites-SharedLibrary/default/dwa6edd7d2/images/black-diamond/BD-8_201192715572.jpg



Apa itu  bouldering? Bagi masyarakat awam kata bouldering cukup asing , apa lagi bagi mereka yang tidak pernah melakukan olah raga outdoor.  Berbeda bagi mereka yang menyukai olahraga ekstrim seperti panjat tebing, karena bouldering bagian dari panjat tebing.

Pengertian dari bouldering sendiri merupakan salah satu seni olah raga yang diadaptasi dari rock climbing atau panjat tebing, tanpa menggunakan pengaman berupa tali ataupun harnest dan dalam gerakannya mementingkan kelincahan dan kekuatan. Olah raga ini biasanya dilakukan di bebatuan besar, tebing ataupun dinding yang relatif tidak terlalu tinggi dan tidak lebih 4 meter. Kebanyakan rute pemanjatan bouldering berorientasi horizontal atau menyamping berbeda dengan panjat tebing yang arah pemanjatnya lebih ke vertikal. Karena ketinggian yang signifikan jadi bagi para pemula tidak perlu takut apabila jatuh dan berisiko kecil.

Olah raga bouldering sendiri cukup simpel karena hanya menggunakan pengaman matras yang tebal dan tidak menggunakan tali. Alat bouldering sendiri hanya chalk bag yang berisi tepung magnesium dan sepatu panjat. Pada awalnya mungkin akan merasa takut mencoba olahraga ini. Tetapi akan berubah menjadi ketagihan dan akan memilih memanjat yang lebih tinggi. Meskipun bouldering terlihat sederhana bukan berarti olah raga ini mudah, karena bouldering memiliki standar kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan jenis panjat tebing yang lain.

Bagi kalian pemula tidak perlu khawatir dengan standar kesulitan dalam bouldering karena awal latihan pemula menggunakan jalur vertikal, tidak terlalu miring, karena tingkat kesulitan akan bertambah tergantung dengan kemiringan medan panjat.

  

Zahrina Zulfati
(Pesko)
NTA: AT.160794.XXI.168.PA


Sumber:
sumber gambar: @metalafebums

1 komentar: