Rabu, 02 Mei 2018

Fenomena Pendaki Masa Kini

Salam Lestari..!!!
http://kakakpintar.com/wp-content/uploads/2016/01/Screenshot_33.jpg

Mendaki gunung sudah tidak menjadi hal yang langka pada masa sekarang ini, tidak hanya pecinta alam yang hobi mendaki gunung akan tetapi mendaki gunung sudah menjadi hal yang biasa karena memang pesona gunung menawarkan daya tarik yang sangat besar. Terlebih lagi setelah rilisnya film "5 CM" yang menceritakan romantika di alam bebas serta keindahannya. Akibatnya banyak kawula muda yang ingin menikmati keindahan alam dari puncak gunung. Dari hal ini banyak menimbulkan tanggapan positif maupun negatif dari berbagai kalangan masyarakat. Akan tetapi mendaki gunung tidak semudah seperti yang digambarkan pada film ini, perlu persiapan yang sangat matang saat mendaki gunung.

Ketidaktahuan para pendaki awam tentang persiapan saat melakukan pendakian gunung bisa sangat berbahaya bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Mungkin itulah salah satu faktor penyebab banyaknya orang hilang di gunung. Memang benar, sudah ada basecamp pendakian disetiap gunung dalam memperhatikan problematika tersebut dan menanganinya dengan melakukan briefing kepada para pendaki sebelum melakukan pendakian. Contohnya seperti basecamp pendakian di gunung Semeru. Hal tersebut merupakan gagasan yang sangat baik untuk memberikan arahan dan bimbingang kepada para pendaki mengingat tidak semua pendaki paham akan prosedur pendakian gunung.

Kegiatan mendaki gunung bukan merupakan hal yang sulit, mungkin hampir semua orang bisa melakukannya asal mempunyai fisik yang sehat dan peralatan serta keuangan yang mencukupi. Tetapi persiapan dan perencanaan mendaki gunung tidak sebatas hal tersebut, berikut hal yang perlu diperhatikan sebelum mendaki gunung, antara lain yaitu sebagai berikut:
Gunung apa yang akan kita daki?
Berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk mendaki sebuah gunung?
Kegiatan apa yang akan kita lakukan di gunung?
Dengan siapa kita mendaki gunung?
Bagaimana kondisi gunung yang akan kita daki?
Dari lima pertanyaan diatas, kita dapat menyusun perencanaan saat hendak melakukan pendakian gunung. 

Jadi, perencanaan sebelum melakukan pendakian gunung sangatlah penting. Bila kita memahami tentang perencanaan pendakian gunung, maka akan meminimalisir kejadian yang tidak kita inginkan. Karena memang tak bisa dipungkiri kebanyakan korban di gunung itu akibat dari kita sendiri, salah satunya yaitu kurangnya pengetahuan tentang perencanaan pendakian gunung.


Rizal Irkhamnanto
(Bobo)
NTA: AT.160794.XXII.175.PA

1 komentar: