Sabtu, 26 Januari 2019

Olahraga Ekstrem Penuh Manfaat

Pemanjatan di tebing Kalipancur, Banyubiru, Kab. Semarang

Panjat tebing merupakan suatu olahraga adrenalin yang mengunakan teknik memanjat tebing dengan memanfaatkan cacat batuan, baik tonjolan mau pun rekahan dalam tebing. Pada dasarnya olahraga ini tidak harus dilakukan di alam bebas seperti tebing-tebing atau batuan besar tetapi bisa dilakukan di  tebing buatan seperti di wallclimbing atau indoor climbing.

Meski pun olahraga ini terbilang ektrem tetapi olahraga ini banyak manfaatnya karena banyak otot yang berkerja saat melakukan kegiatan ini, baik otot tubuh bagian atas atau bawah, termasuk lengan, punggung, perut,bahu,tungkai dan bahkan jari-jari ikut dilatih saat memanjat tebing. Jika dilakukan secara teratur. Olahraga ini dapat meningkatkan stamina, fleksibelitas dan kelincahan tubuh serta otot-otot tubuh menjadi kuat. Berikut beberapa manfaat dari olahraga ini:
1     1. Membakar kalori
Jika inginmemiliki badan yang ideal atau dalam masa program diet, olahraga ini bisa menjadi pilihan karena olahraga ini dapat membantu membakar kalori dan menurunkan berat badan.
2.  Menghilangkan depresi
Depresi dapat dihilangkan dengan melakukan kegiatan ini karena dengan panjat tebing adalah kegiatan yang menyenangkan sehingga dapat terhindar dari rasa depresi yang berlebihan dengan manfaat tertawa bersama teman-teman dan memanfaatkan teriak.
3     3. Mengurangi risiko terkena penyakit tertentu seperti jantung dan darah tinggi
Panjat tebing akan membuat jantung memompa darah keseluruh tubuh sehin gga sirkulasi darah yang ada didalam tubuh akan lancar sehingga akan terhindar dari resiko penyakit jantung dan darah tinggi.
       4. Meningkatkan masa otot
Manfaat ini mungkin yang dicari dalam olahraga ini. Karena dalam panjat tebing dilakukan terus menerus dapat meningkatkan masa otot apalagi dilakukan secara totalitas.   
       5. Meningkatkan daya tahan tubuh dan kekuatan tubuh
Dalam olahraga ini mau tidak mau harus meningkatkan daya tahan tubuh dan jika dilakukan secara rutin dapat membantu meningkatkan kekuatan tubuh karena secara tidak langsung panjat tebing membantu menguatan tubuh.

Dari manfaat yang dapat kita dapatkan dari olahraga panjat tebing ada hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu sebelum memanjat harus pemanasan agar terhindar dari cidera, menyiapkan alat-alat panjat tebing dan tau kegunaanya karena hal ini sangat penting agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,komunikasi baik dengan belayer, focus dan pertahankan konsentrasi, istirahat sebentar ketika merasa lelah dan jangan memaksakan diri. 


ZAHRINA ZULFATI (PESKO)
NTA: AT.160794.XXI.168.PA






Tidak ada komentar:

Posting Komentar