Rabu, 23 Januari 2019

Speed Climbing : Bersaing Untuk Menjadi Yang Tercepat

Aries sedang memanjat papan speed

Beberapa bulan lalu kita hebohkan pemberitaan tentang atlit panjat tebing indonesia yaitu Aries Susanti Rahayu yang meraih mendali emas pada kejuaraan dunia panjat tebing di chomngqing, cina, untuk kategori speed word  record yang mengalahkan atlit asal Rusia. 

Nah apa sih yang di perlombakan atlit aries susanti rahayu itu? Mungkin kata kategori speed dalam panjat tebing cukup asing bagi masyarakat indonesia, apalagi bagi mereka yang tidak menyukai olah raga outdoor dan ekstrem yaitu panjat tebing. 

Panjat tebing sendiri sudah terdaftar cabang olah raga yang dipertandingkan di pon dan juga menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di asian games 2018 di Indonesia dan olimpiade 2020 Tokyo, Jepang. Olah raga panjat yang diperlombakan di indonesia adalah kategori lead , boulder dan speed. Kali ini penulis akan membahas tentang salah satu kategori panjat tebing yaitu speed climbing yang diperlombakan Aries Susanti Rahayu.

Speed climbing sendiri adalah kategori perlombaan panjat tebing dimana dua pemanjat beradu kecepatan untuk mencapai top dengan tali yang sudah terpasang pada anchor. Di indonesia speed climbing yang diperlombakan ada tiga yaitu speed track, speed classic dan speed word record.
Speed Track
Speed Track adalah kategori speed climbing yang karakter wallnya sudah terdapat pegangan tanpa dipasang point atau hold untuk pemanjang.
Speed Classic
Kategori ini dua pemanjat veradu cepat untuk menepuk top atas yang telah juri pasang untuk top.
Speed World Record
Kategori speed climbing ini menggunakan point yang mempunyai bentuk atau karakter yang khusus untuk speed world record dengan dua pemanjat beradu cepat untuk menepuk top yang telah juri pasang untuk top.

Pada speed climbing seorang pemanjat membutuhkan skill dalam kekuatan tangan, otak dan kecepatan dalam memanjat. Seorang pemanjat akan melihat keatas dan beradu kecepatan melawan lawannya untuk mencapai top. Dalam pertandingan ini waktu menjadi point utama penilaian. Semakin cepat memanjat akan semakain banyak peluang untuk menang. 


PESKO
NTA: AT.160794.XXI.168.PA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar